info link

computer, education, technology, information, properti, job vacation, healt, sport, software, hardware, downloading.


Mengenal Bahasa Pemograman PHP



Pengertian PHP

PHP atau yang memiliki kepanjangan PHP Hypertext Preprocessor, merupakan suatu bahasa pemrograman yang difungsikan untuk membangun suatu website dinamis. PHP menyatu dengan kode HTML. HTML digunakan sebagai pembangun atau pondasi dari kerangka layout web, sedangkan PHP difungsikan sebagai prosesnya, sehingga dengan adanya PHP tersebut, sebuah web akan sangat mudah di-maintenance.
PHP berjalan pada sisi server sehingga PHP disebut juga sebagai bahasa Server Side Scripting, artinya bahwa dalam setiap/untuk menjalankan PHP, wajib membutuhkan web server dalam menjalankannya.
PHP ini bersifat open source, sehingga dapat dipakai secara cuma-cuma, dan mampu lintas platform, yaitu dapat berjalan pada sistem operasi Windows maupun Linux. PHP juga dibangun sebagai modul pada web server apache dan sebagai binary yang dapat berjalan sebagai CGI.


Cara Menggunakan PHP
PHP merupakan bahasa Server Side Scripting, di mana PHP selalu membutuhkan web server dalam menjalankan aksinya.
Secara prinsip, server akan bekerja apabila ada permintaan dari client, yaitu kode-kode PHP. Client tersebut akan dikirimkan ke server, kemudian server akan mengembalikan pada halaman sesuai instruksi yang diminta. Biar ga tambah ribet, ni Rumpi Tekno uraikan satu per satu:
-          Server membaca permintaan dari client/browser.
-          Kemudian dilanjutkan untuk mencari halaman/page pada server.
-          Server melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.
-          Selanjutnya hasil modifikasi tersebut akan dikembalikan ke client/browser.
Daripada makin ribet, lihat gambarnya aja deh pada dibawah ini;

Begitulah kira-kira penjelasan singkat mengenai bahasa pemrograman PHP. Jika anda ingin tahu lebih jauh lagi, bisa loh ditengok buku Smarty PHP OOP Engine for PHP Template (Agus Saputra, Elex Media Komputindo, 2013). Di sana anda akan diberikan pengetahuan mengenai cara mengelola web dengan menggunakan Smarty (template engine yang dibangun menggunakan bahasa pemprogram PHP).

0 komentar :

Posting Komentar

free counters