info link

computer, education, technology, information, properti, job vacation, healt, sport, software, hardware, downloading.


Membuat Baris Ganda

Kali ini Anda diminta untuk membuat / menampilkan berapa banyak baris yang diminta oleh user tapi dengan menggandakan setiap baris yang dicetak di layar. Misalnya, jumlah baris yang diminta adalah 5, maka yang tercetak adalah:
11
2222
333333
44444444
5555555555



Maka kode yang saya buat adalah sebagai berikut:

#include <iostream>
using namespace std;

void main () {
      int in;
      cout << "banyaknya baris: ";
      cin >> in;

      for (int i = 1; i <= in; ++ i) {
            for (int j = 1; j <= i * 2; ++j) {
                  cout << i;
            }
            cout << "\n";
      }
}

Logika:
Logika yang digunakan di sini cukup mirip dengan cara kita mencetak segitiga siku –siku ke layar. Mungkin bisa dibilang ini masih ada “hubungan keluarga” dengan yang tadi J. Disini kita melakukan perulangan untuk mencetak baris yang diminta oleh user. Dalam melakukan perulangan tersebut, kita menampilkan baris yang dicetak pada saat itu. Misalnya jika baris yang sedang dicetak pada saat itu adalah baris kedua, maka yang ditampilkan adalah angka 2. Begitu seterusnya. Perhatikan bahwa angka – angka yang dicetak memiliki sebuah pola. Pada setiap baris yang sedang dicetak pola dari angka –angkanya adalah: baris yang sedang dicetak dikali 2. Misalnya pada baris pertama, jumlah angka / banyaknya  angka yang dicetak adalah 1 X 2 = 2 kali di cetak. Pada baris kedua, banyaknya baris yang di cetak adalah 2 X 2, dst. Hal ini berlanjut sampai baris yang diinginkan oleh user sudah tercetak.

Penjelasan kode:
Pada kode di atas, dibuat variabel untuk menampung berapa banyak baris yang diinginkan oleh user (in), just like usual J. Berdasarkan input dari user tersebut, kita membuat perulangan untuk mencetak baris – baris yang diinginkan user. Dalam perulangan ini, kita “menyisipkan” sebuah perulangan lagi untuk mencetak angka ke layar (dengan menggunakan variabel j). Perulangan ini dilakukan dengan kondisi j lebih kecil atau sama dengan i dikali 2. Dimana, i adalah baris yang sedang dikerjakan dan j adalah berapa banyak perulangan yang dilakukan dalam kondisi j lebih kecil atau sama dengan i.


Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

0 komentar :

Posting Komentar